27.9.11

Puisi-puisi Andre Theriqa

Puisi-puisi BAT alias Bang Andre Theriqa alias Sang Kelelawar  ( Tangerang )



ADA APA DENGAN KITA

: mengapa nusantara ini
dinamai ibu pertiwi
disebut tanah tumpah darah
dikatakan nyiur melambai
dianggap zamrud khatulistiwa

mengapa ada begitu banyak bangsa yang jatuh cinta padanya
ada begitu banyak pihak yang ingin menguasainya
kita sang empunya
justru begitu tega menggadaikannya

mengapa negara yang telah disusun dengan susahpayah
dengan menghempaskan begitu banyak
airmata
darah
dan jiwa
justru kini kita biarkan porakporanda

mengapa
kenapa
ada apa
dengan keindonesiaan kita

(bat-200311)







Kau mau aku memanggilmu demikian
aku memanggilmu demikian

Kau ingin aku menyelesaikan persoalanku terlebih dahulu
aku segera menyelesaikan segala persoalanku terlebih dahulu

Kau ingin aku menjadi lelaki yang tegar
aku berusaha menjadi lelaki yang tegar

Kau menghendaki segala sesuatu yang terbaik untukku
aku lantas merasa segalanya menjadi baik di sekelilingku

Tak ada yang berlebih-lebihan
karena aku menemukanmu lewat hati
Tak ada yang memacu birahi
karena aku tak mencari melalui mata
Tak ada yang harus tersakiti
karena aku membutuhkanmu melebihi imaji dan ideologi

Jika segala gemawan tersaput dari remang dari gelap
kuingin terus di sisimu hinggap bisa terlelap

Jika semua bisa terlangkahi dari satu jejak menuju pembaharibaan
maka aku ingin adamu di sisiku hingga waktu yang tak berkesudahan

Jika engkau ingin memanggilku Bat
maka engkau pasti kan kupanggil Beb

Jika Allah mengijinkan
maka segalanya pasti akan menjadi kenyataan

BAT280708


Aku ingin dikasihi
bukan dikasihani

Aku ingin dicinta
bukan dicerca

Aku ingin dipuja
bukan dijadikan dewa

Aku ingin disanjung
bukan dipancung

Aku ingin diprioritaskan
bukan disemenjanakan

Aku ingin mendengarkan
bukan melulu didengarkan

Aku ingin didengarkan
bukan hanya sekadar mendengarkan

Aku ingin kau jadikan bulan
yang memancarkan auramu

Aku ingin kau jadikan bintang
yang menyinarimu dengan auraku

Aku ingin bergayut
ditimang dalam belaian mesramu

Aku ingin kau sandingkan kepalamu dibahuku
untuk tumpahkan segala sesak di dadamu

Aku ingin kau memahami
bukan hanya sekadar tahu

Aku ingin kau menjadi dirimu
karena aku pun tetap ingin menjadi diriku

Dan aku percaya,
engkaupun pasti begitu.

BAT 060808



Ibu dan Anak
Lihatlah mereka, ibu dan anak-anak pertiwi
sekalipun berat beban mereka
tidaklah mereka berpangku tangan berputus asa
sesungguhnya ibu-ibu itu sanggup bekerja apa saja demi anak-anaknya
dan anak-anak itu, mau bekerja apa saja asal bisa sekolah
mengapa kondisi mereka tidak menggetarkan hati kita ?
kenapa langkah mereka kerap terpenggal oleh yang punya kuasa ?
apakah sudah begitu digdaya kita sehingga kita boleh merenggut hak-hak mereka
hak beroleh hidup layak
hak beroleh kesempatan kerja
hak beroleh pendidikan yang pantas
hak untuk bebas menentukan nasib
hak untuk lepas dari ketakutan dan ketergantungan
lihatlah mereka sekali lagi
ibu-ibu nan perkasa itu
anak-anak yang manis itu
dan setelahnya,
mari kita tengok ke dalam diri kita
mari kita bersihkan jiwa kita
demi mereka.


.

2 komentar:

  1. : terimakasih...,
    meski aku tidak pernah menamai apa yang aku tulis sebagai puisi, dan aku cenderung bukan sosok yang puitis, tetapi tetap saja, aku senang engkau menambatkan kata-kata yang lahir dari jiwaku di sini..., menemani kata-kata yang lahir dari jiwamu.

    SalamCinta,
    BAT

    BalasHapus
  2. : Abang...justru wie yang berterima kasih dah di beri ijin untuk memasukkan oretan2 (=puisi) BAT di blog wie ini

    BalasHapus